Selasa, 15 Januari 2013


Sejarah Perkembangan Sistem Operasi

Sejarah Perkembangan Sistem Operasi, sejarah operating system, sejarah OS, operating system  ,komputer, computer, informasi mengenai komputer, informasi komputer, bagian komputer, pengertian komputer, bagian komputer, komponen komputer, software, hardware, brainware, penggunaan komputer, pengenalan komputer, tentang komputer, sistem komputer,
Perkembangan sistem komputer dibagi menjadi empat generasi termasuk perangkat keras dan perangkat lunaknya (sistem operasi).

Generasi Pertama (1945-1955)

Pada generasi ini belum ada sistem operasi, sistem komputer diberi instruksi yang
harus dikerjakan secara langsung.

Generasi Kedua (1955-1965)

Job dikumpulkan dalam satu rangkaian kemudian dieksekusi secara berurutan. Sistem komputer belum dilengkapi sistem operasi, tapi beberapa fungsi dasar sistem operasi telah ada, misalnya FMS (Fortran Monitoring System) dan IBSYS, keduanya merupakan bagian yang fungsinya merupakan komponen sistem operasi.

Generasi Ketiga (1965-1980)
Dikembangkan untuk melayani banyak pemakai secara online, sehingga menuntut sistem komputer dapat digunakan secara :
a. Multiuser
Berarti komputer yang memiliki resource yang dapat digunakan oleh banyak orang sekaligus.
b. Multiprogramming
Berarti komputer melayani banyak proses/job sekaligus pada waktu bersamaan, yaitu dengan membagi (mempartisi) memori menjadi beberapa bagian dengan  satu bagian memori adalah satu job berbeda. Saat satu job menunggu operasi masukan/keluaran selesai, job lain dapat menggunakan proses. Teknik ini meningkatkan efisiensi pemroses yang juga memerlukan perangkat keras khusus untuk mencegah satu job menganggu job lain. Karena pemakai-pemakai berinteraksi dengan komputer, komputer harus menanggapi permintaan-permintaan secara cepat, atau akan menyebabkan produktivitas pemakai menurun drastis. Untuk kebutuhan itu dikembangkan timesharing.


Timesharing

Varian dari multiprogramming, dimana tiap pemakai mempunyai satu terminal online dengan pemroses hanya memberi layanan pada pemakai yang aktif secara bergantian secara ceoat. Para pemakai akan merasa dilayani terus-menerus, padahal sebenarnya digilir persatuan waktu yang singkat. Karena sumber daya yang digunakan secara bersamaan akan sering menimbulkan bottleneck, maka dikembangkan spooling.

Spooling

Membuat peripheral seolah-olah dapat digunakan bersama-sama sekaligus, dapat diakses secara simultan, yaitu dengan cara menyediakan beberapa partisi memori. Saat terdapat permintaan layanan peripheral, langsung diterima dan data disimpan lebih dulu di memori yang disediakan (berupa antrian), kemudian dijadwalkan agar secara nyata dilayani oleh peripheral.

Generasi Keempat (1980-199x)

Sistem operasi yang dapat melayani banyak mode, yaitu mendukung batch processing, timesharing dan (soft) real time applications. Perkembangan dengan meningkatnya kemampuan komputer dekstop (PC) dan teknologi jaringan (TCP/IP).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar